Memecahkan masalah pengiriman dengan Alat PostmasterAlat Postmaster Gmail
menyediakan metrik pada parameter seperti reputasi, tingkat spam,
putaran masukan, dll, bagi Anda. Alat ini dapat membantu Anda memeriksa
kepatuhan terhadap pedoman pengirim massal Gmail, serta mengidentifikasi
masalah yang dapat menyebabkan kesulitan dengan filter spam.
- Spam vs. non-spam: Pesan spam dimasukkan ke folder spam, sementara pesan non-spam dimasukkan ke kotak masuk.
- Kategori email: Sebagian besar pengguna menggunakan kotak masuk default Gmail yang mengelompokkan email non-spam lebih jauh ke dalam beberapa kategori - Utama, Sosial, Promosi, Pembaruan, dan Forum. Kategori Utama, Sosial, dan Promosi diaktifkan secara default, namun pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan berapa saja dari lima kategori yang tersedia. Kategori Utama mencakup kategori percakapan dan pesan pribadi yang saat ini tidak diaktifkan.
Pedoman berikut dapat membantu ketepatan pengklasifikasian yang dapat diprediksi serta memenuhi kepuasan penerima.
Pengelompokan kotak masuk
Kategori kotak masukKlasifikasi spam
Autentikasi & IdentifikasiLangganan
Membatalkan langganan
Format
Pengiriman
Pengirim Pihak Ketiga
Program Pemasaran Afiliasi
Tidak dikirimkan ke tempat yang tepat?
Kategori kotak masuk |
Pengguna dapat memilih agar pesan atau pengirim tertentu selalu masuk ke dalam kategori tertentu, serta dapat mengalihkan setiap kategori menjadi aktif atau nonaktif. Memberi bintang pada pesan akan memasukkannya ke dalam kategori Utama. Gmail mempelajari perbaikan yang dilakukan oleh pengguna dan, dari waktu ke waktu, Gmail akan menyesuaikan klasifikasi atau pengelompokan secara otomatis agar cocok dengan preferensi pengguna.
Berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Gmail mengelompokkan pesan dengan benar:
- Kirim email dengan kategori berbeda (mis. promosi, pemberitahuan transaksi, pembaruan sosial) dari alamat pengirim berbeda, dan coba untuk terus menggunakan alamat tersebut.
- Hindari mencampur konten dengan kategori berbeda di satu email. Misalnya, memasukkan pesan promosi ke dalam pesan pemberitahuan email transaksi dapat membuat sistem mengelompokkan pesan tersebut sebagai pesan promosi.
Autentikasi & Identifikasi |
Mengapa autentikasi pesan itu penting?
Autentikasi memastikan bahwa pesan Anda dapat diklasifikasikan dengan benar. Email yang tidak memiliki autentikasi mungkin akan ditolak atau ditempatkan dalam folder spam, karena besar kemungkinannya pesan tersebut dipalsukan dan digunakan untuk scam phishing.
Selain itu, email dengan lampiran yang tidak diautentikasi dapat langsung ditolak karena alasan keamanan.
Untuk memastikan bahwa Gmail dapat mengidentifikasi Anda:Autentikasi memastikan bahwa pesan Anda dapat diklasifikasikan dengan benar. Email yang tidak memiliki autentikasi mungkin akan ditolak atau ditempatkan dalam folder spam, karena besar kemungkinannya pesan tersebut dipalsukan dan digunakan untuk scam phishing.
Selain itu, email dengan lampiran yang tidak diautentikasi dapat langsung ditolak karena alasan keamanan.
- Gunakan alamat IP yang konsisten untuk mengirim pesan massal.
- Pertahankan agar data DNS kebalikan selalu valid untuk alamat IP yang digunakan untuk mengirim email, yang mengarah ke domain Anda.
- Gunakan alamat yang sama pada judul 'Dari:' di setiap pesan massal yang Anda kirim.
- Tanda tangani pesan dengan DKIM. Kami tidak mengautentikasi pesan yang ditandatangani dengan kunci yang menggunakan kurang dari 1024 bit.
- Publikasikan data SPF.
- Publikasikan kebijakan DMARC.
Pedoman tambahan untuk IPv6
- IP pengiriman harus memiliki data PTR (yaitu, DNS kebalikan dari IP pengiriman), dan data tersebut harus cocok dengan IP yang diperoleh melalui resolusi DNS maju dari nama host yang ditentukan di data PTR. Jika tidak, email akan ditandai sebagai spam atau kemungkinan ditolak.
- Domain pengiriman harus lulus pemeriksaan SPF atau DKIM. Jika tidak, email akan ditandai sebagai spam.
Langganan |
- Melalui email yang meminta untuk berlangganan daftar Anda.
- Dengan mencentang kotak di formulir web atau dalam perangkat lunak secara manual.
Metode pengumpulan alamat berikut tidak dianggap 'ikut serta' dan tidak disarankan:
- Menggunakan daftar alamat email yang dibeli dari pihak ketiga.
- Menetapkan kotak centang di formulir web atau dalam perangkat lunak, agar semua pengguna berlangganan secara default (pengguna harus keluar dari milis secara eksplisit).
Membatalkan Langganan |
- Melalui tautan yang ditampilkan secara mencolok di badan email, yang mengarahkan pengguna ke laman konfirmasi pembatalan langganan (tidak memerlukan masukan dari pengguna, hanya konfirmasi).
- Membalas email Anda dengan permintaan pembatalan langganan.
- Berikan judul 'Daftar-Pembatalan Langganan' yang mengarah ke alamat email atau URL yang dapat dipakai oleh pengguna dengan mudah untuk membatalkan langganan milis di masa mendatang. (Catatan: Ini bukan metode untuk menggantikan cara berhenti berlangganan).
- Membatalkan secara otomatis langganan pengguna yang alamatnya mementalkan beberapa email.
- Mengirim pesan konfirmasi ke pengguna secara berkala.
- Menyertakan setiap milis tempat mereka terdaftar, dan menawarkan kesempatan untuk membatalkan langganan dari milis yang tidak lagi diminati.
- Menunjukkan alamat email yang berlangganan daftar Anda secara eksplisit.
- Mendukung metode URL untuk berhenti berlangganan dari milis (ini berguna jika pengelola milis tidak dapat membedakan orang yang berhenti berlangganan berdasarkan alamat 'Balas-ke').
Format |
- Semua pesan harus diformat sesuai dengan RFC 5322 dan standar HTML, bila menggunakan HTML.
- Pesan harus memiliki bidang judul 'ID Pesan:' yang valid.
- Pesan yang dikirim harus jelas merupakan pesan massal, yang menggunakan bidang judul 'Prioritas: massal'.
- Upaya menyembunyikan pengirim pesan atau laman landas yang sebenarnya untuk tautan web di pesan dapat mengakibatkan kegagalan pengiriman.
- Subjek setiap pesan harus relevan sesuai isi dan tidak menyesatkan.
- Domain autentikasi, domain Dari amplop, domain Dari muatan, domain balas ke, dan domain pengirim tidak boleh melanggar pedoman Profil Keamanan Unicode yang sangat ketat untuk nama domain internasional.
Pengiriman |
Dalam keadaan normal, terdapat dua faktor yang membantu pesan bisa sampai ke kotak masuk pengguna Gmail:
- Alamat 'Dari:' tercantum di daftar Kontak pengguna.
- Pengguna mengeklik 'Bukan Spam' untuk memberi tahu Gmail bahwa pesan yang terkirim dari alamat tersebut tidak bermasalah.
- Menggunakan alamat email yang terpisah dengan fungsi masing-masing.
- Mengirim email dari domain dan/atau alamat IP berbeda untuk setiap fungsi.
Pengirim Pihak Ketiga |
- Anda harus memiliki alamat email yang tersedia bagi pengguna dan/atau klien untuk melaporkan penyalahgunaan (misalnya: penyalahgunaan@domainanda.com).
- Anda harus terus memperbarui informasi kontak di data WHOIS, dan di abuse.net.
- Anda harus menghentikan, secara tepat waktu, semua pengguna dan/atau klien yang menggunakan layanan Anda untuk mengirim email spam.
Program Pemasaran Afiliasi |
- Jika merek Anda menjadi terkait dengan spam pemasaran afiliasi, hal itu bisa memengaruhi email yang dikirim oleh Anda dan afiliasi Anda yang lain.
- Anda bertanggung jawab untuk memantau afiliasi Anda dan menghapusnya jika mengirim spam.
Jika Anda mengirim email sesuai dengan pedoman kami dan Gmail terus menandai pesan Anda sebagai spam, pecahkan masalahnya lebih lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar