Senin, 31 Oktober 2016

Pedoman Pengirim Massal

Memecahkan masalah pengiriman dengan Alat PostmasterAlat Postmaster Gmail menyediakan metrik pada parameter seperti reputasi, tingkat spam, putaran masukan, dll, bagi Anda. Alat ini dapat membantu Anda memeriksa kepatuhan terhadap pedoman pengirim massal Gmail, serta mengidentifikasi masalah yang dapat menyebabkan kesulitan dengan filter spam.
Kami menerima berbagai pertanyaan dari para pengirim massal yang ingin mendapatkan lebih banyak informasi terkait praktik terbaik untuk memastikan email ke pengguna Gmail terkirim. Gmail mengelompokkan email masuk dengan cara berikut:
  • Spam vs. non-spam: Pesan spam dimasukkan ke folder spam, sementara pesan non-spam dimasukkan ke kotak masuk.
  • Kategori email: Sebagian besar pengguna menggunakan kotak masuk default Gmail yang mengelompokkan email non-spam lebih jauh ke dalam beberapa kategori - Utama, Sosial, Promosi, Pembaruan, dan Forum. Kategori Utama, Sosial, dan Promosi diaktifkan secara default, namun pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan berapa saja dari lima kategori yang tersedia. Kategori Utama mencakup kategori percakapan dan pesan pribadi yang saat ini tidak diaktifkan.
Pengelompokan email sangat bergantung pada laporan dari pengguna. Pengguna Gmail dapat menandai dan menghapus tanda pesan sebagai spam, serta dapat memindahkan pesan non-spam di antara tab kotak masuk. Dalam kedua kasus tersebut, Gmail mempelajari perbaikan yang dilakukan oleh pengguna dan, dari waktu ke waktu, Gmail akan menyesuaikan klasifikasi atau pengelompokan secara otomatis agar cocok dengan preferensi pengguna.
Pedoman berikut dapat membantu ketepatan pengklasifikasian yang dapat diprediksi serta memenuhi kepuasan penerima.

Pengelompokan kotak masuk

Kategori kotak masuk

Klasifikasi spam

Autentikasi & Identifikasi
Langganan
Membatalkan langganan
Format
Pengiriman
Pengirim Pihak Ketiga
Program Pemasaran Afiliasi

Tidak dikirimkan ke tempat yang tepat?

  • Jika Anda menerima pesan kesalahan saat mengirim email ke grup G Suite, klik di sini.
  • Baru saja mengirim email ke teman atau asosiasi bisnis? Klik di sini untuk bantuan lebih lanjut.
Kategori kotak masuk
Kategori kotak masuk Gmail membantu pengguna untuk mengatur dan mengontrol kotak masuk mereka secara lebih baik, dengan mengelompokkan email ke dalam kategori dan memasukkan email dari kategori tersebut ke dalam tab.
Pengguna dapat memilih agar pesan atau pengirim tertentu selalu masuk ke dalam kategori tertentu, serta dapat mengalihkan setiap kategori menjadi aktif atau nonaktif. Memberi bintang pada pesan akan memasukkannya ke dalam kategori Utama. Gmail mempelajari perbaikan yang dilakukan oleh pengguna dan, dari waktu ke waktu, Gmail akan menyesuaikan klasifikasi atau pengelompokan secara otomatis agar cocok dengan preferensi pengguna.
Berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Gmail mengelompokkan pesan dengan benar:
  • Kirim email dengan kategori berbeda (mis. promosi, pemberitahuan transaksi, pembaruan sosial) dari alamat pengirim berbeda, dan coba untuk terus menggunakan alamat tersebut.
  • Hindari mencampur konten dengan kategori berbeda di satu email. Misalnya, memasukkan pesan promosi ke dalam pesan pemberitahuan email transaksi dapat membuat sistem mengelompokkan pesan tersebut sebagai pesan promosi.

Autentikasi & Identifikasi
Mengapa autentikasi pesan itu penting?
Autentikasi memastikan bahwa pesan Anda dapat diklasifikasikan dengan benar. Email yang tidak memiliki autentikasi mungkin akan ditolak atau ditempatkan dalam folder spam, karena besar kemungkinannya pesan tersebut dipalsukan dan digunakan untuk scam phishing.
Selain itu, email dengan lampiran yang tidak diautentikasi dapat langsung ditolak karena alasan keamanan.
Untuk memastikan bahwa Gmail dapat mengidentifikasi Anda:
  • Gunakan alamat IP yang konsisten untuk mengirim pesan massal.
  • Pertahankan agar data DNS kebalikan selalu valid untuk alamat IP yang digunakan untuk mengirim email, yang mengarah ke domain Anda.
  • Gunakan alamat yang sama pada judul 'Dari:' di setiap pesan massal yang Anda kirim.
Kami juga menyarankan hal berikut:
  • Tanda tangani pesan dengan DKIM. Kami tidak mengautentikasi pesan yang ditandatangani dengan kunci yang menggunakan kurang dari 1024 bit.
  • Publikasikan data SPF.
  • Publikasikan kebijakan DMARC.
Pelajari lebih lanjut autentikasi email.

Pedoman tambahan untuk IPv6

  • IP pengiriman harus memiliki data PTR (yaitu, DNS kebalikan dari IP pengiriman), dan data tersebut harus cocok dengan IP yang diperoleh melalui resolusi DNS maju dari nama host yang ditentukan di data PTR. Jika tidak, email akan ditandai sebagai spam atau kemungkinan ditolak.
  • Domain pengiriman harus lulus pemeriksaan SPF atau DKIM. Jika tidak, email akan ditandai sebagai spam.

Langganan
Setiap pengguna di daftar distribusi harus memilih untuk menerima pesan dari Anda menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut (ikut serta):
  • Melalui email yang meminta untuk berlangganan daftar Anda.
  • Dengan mencentang kotak di formulir web atau dalam perangkat lunak secara manual.
Sebaiknya verifikasi setiap alamat email sebelum mereka berlangganan daftar Anda.
Metode pengumpulan alamat berikut tidak dianggap 'ikut serta' dan tidak disarankan:
  • Menggunakan daftar alamat email yang dibeli dari pihak ketiga.
  • Menetapkan kotak centang di formulir web atau dalam perangkat lunak, agar semua pengguna berlangganan secara default (pengguna harus keluar dari milis secara eksplisit).

Membatalkan Langganan
Pengguna harus bisa membatalkan langganan milis Anda melalui salah satu dari beberapa cara berikut:
  • Melalui tautan yang ditampilkan secara mencolok di badan email, yang mengarahkan pengguna ke laman konfirmasi pembatalan langganan (tidak memerlukan masukan dari pengguna, hanya konfirmasi).
  • Membalas email Anda dengan permintaan pembatalan langganan.
Karena Gmail dapat membantu pengguna membatalkan langganan secara otomatis dari email Anda, kami sangat menyarankan langkah berikut ini:
  • Berikan judul 'Daftar-Pembatalan Langganan' yang mengarah ke alamat email atau URL yang dapat dipakai oleh pengguna dengan mudah untuk membatalkan langganan milis di masa mendatang. (Catatan: Ini bukan metode untuk menggantikan cara berhenti berlangganan).
Untuk memastikan pesan tidak ditandai sebagai spam, kami juga menyarankan untuk:
  • Membatalkan secara otomatis langganan pengguna yang alamatnya mementalkan beberapa email.
  • Mengirim pesan konfirmasi ke pengguna secara berkala.
  • Menyertakan setiap milis tempat mereka terdaftar, dan menawarkan kesempatan untuk membatalkan langganan dari milis yang tidak lagi diminati.
Pengguna dapat meneruskan email dari akun lain, sehingga kami menyarankan untuk:
  • Menunjukkan alamat email yang berlangganan daftar Anda secara eksplisit.
  • Mendukung metode URL untuk berhenti berlangganan dari milis (ini berguna jika pengelola milis tidak dapat membedakan orang yang berhenti berlangganan berdasarkan alamat 'Balas-ke').

Format
  • Semua pesan harus diformat sesuai dengan RFC 5322 dan standar HTML, bila menggunakan HTML.
  • Pesan harus memiliki bidang judul 'ID Pesan:' yang valid.
  • Pesan yang dikirim harus jelas merupakan pesan massal, yang menggunakan bidang judul 'Prioritas: massal'.
  • Upaya menyembunyikan pengirim pesan atau laman landas yang sebenarnya untuk tautan web di pesan dapat mengakibatkan kegagalan pengiriman.
  • Subjek setiap pesan harus relevan sesuai isi dan tidak menyesatkan.
  • Domain autentikasi, domain Dari amplop, domain Dari muatan, domain balas ke, dan domain pengirim tidak boleh melanggar pedoman Profil Keamanan Unicode yang sangat ketat untuk nama domain internasional.

Pengiriman
Walau Gmail telah berupaya keras untuk mengirim semua email resmi ke kotak masuk pengguna, tetap ada kemungkinan beberapa pesan resmi dapat ditandai sebagai spam. Gmail tidak menerima permintaan 'daftar putih' dari pengirim massal, dan kami tidak dapat menjamin semua pesan Anda akan melewati filter spam kami. Untuk memastikan pengguna kami menerima semua email yang mereka inginkan, kami memberi mereka metode untuk mengirim masukan kepada kami terkait pesan yang ditandai sebagai spam -- pengguna memiliki opsi untuk mengeklik tombol 'Bukan spam' untuk setiap pesan yang ditandai oleh filter spam kami. Kami mendengarkan laporan pengguna dan memperbaiki masalah guna memberikan pengalaman pengguna terbaik. Selama pengguna kami tidak menganggap email Anda sebagai spam, Anda tidak akan memiliki masalah pengiriman kotak masuk.
Dalam keadaan normal, terdapat dua faktor yang membantu pesan bisa sampai ke kotak masuk pengguna Gmail:
  • Alamat 'Dari:' tercantum di daftar Kontak pengguna.
  • Pengguna mengeklik 'Bukan Spam' untuk memberi tahu Gmail bahwa pesan yang terkirim dari alamat tersebut tidak bermasalah.
Jika Anda mengirim email promosi dan email transaksi terkait organisasi Anda, kami sarankan pemisahan email sebanyak mungkin sesuai tujuannya. Anda dapat melakukannya dengan:
  • Menggunakan alamat email yang terpisah dengan fungsi masing-masing.
  • Mengirim email dari domain dan/atau alamat IP berbeda untuk setiap fungsi.
Dengan menggunakan kiat-kiat tersebut, kemungkinan email transaksi penting akan dikirim ke kotak masuk pengguna. Pedoman kami dimaksudkan untuk membantu Anda membangun reputasi yang baik dalam sistem Gmail, sehingga menghasilkan pengiriman yang berkelanjutan ke kotak masuk Gmail.

Pengirim Pihak Ketiga
Jika orang lain menggunakan layanan Anda untuk mengirim email (misalnya: ISP), Anda bertanggung jawab memantau perilaku pengguna dan/atau klien Anda.
  • Anda harus memiliki alamat email yang tersedia bagi pengguna dan/atau klien untuk melaporkan penyalahgunaan (misalnya: penyalahgunaan@domainanda.com).
  • Anda harus terus memperbarui informasi kontak di data WHOIS, dan di abuse.net.
  • Anda harus menghentikan, secara tepat waktu, semua pengguna dan/atau klien yang menggunakan layanan Anda untuk mengirim email spam.

Program Pemasaran Afiliasi
Program pemasaran afiliasi memberi bonus kepada pihak ketiga yang membawa pengunjung ke situs Anda. Namun sayangnya, program ini memikat pengirim spam aktif dan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan ketimbang sebaliknya. Perhatikan hal-hal berikut:
  • Jika merek Anda menjadi terkait dengan spam pemasaran afiliasi, hal itu bisa memengaruhi email yang dikirim oleh Anda dan afiliasi Anda yang lain.
  • Anda bertanggung jawab untuk memantau afiliasi Anda dan menghapusnya jika mengirim spam.

Jika Anda mengirim email sesuai dengan pedoman kami dan Gmail terus menandai pesan Anda sebagai spam, pecahkan masalahnya lebih lanjut.

Tidak ada komentar: